PROFESI INVESTMENT BANKING, PELUANG KARIR DAN PERAN PENTINGNYA

 Profesi Investment Banking

Jika Anda seorang yang suka membantu perusahaan dalam mengatasi masalah keuangan mereka, maka Profesi Investment Banking pada tahun 2021 adalah peluang karir yang pasti. Istilah investment banking sering muncul dalam dunia investasi atau perbankan. Namun, apa sajakah peran penting yang mereka miliki? dan tentang apa dan siapa Investment Banking itu. Dalam pembahasan ini, Anda juga akan belajar bagaimana Anda bisa menjadi Investment Banker.

Apa itu Investment Banking?

Investment Banking merupakan salah satu profesi yang menangani pekerjaan di bidang korporasi keuangan diberbagai perusahaan. Beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan meliputi: Tender Offer, Merger dan Akuisisi, Fund Rising, dan lain lain. Investment Banker juga bertindak sebagai perantara antara penerbit dan investor sekuritas dan membantu perusahaan baru untuk go public.

Profesi investment banker menjadi sangat menarik. Hal ini dikarenakan beberapa bank di Indonesia semuanya memiliki divisi investment banking. Tidak hanya itu, Bank terbesar di dunia pun seperti Barclays, JP Morgan, Citi, Morgan Stanley, sejak lama sudah memiliki divisi tersebut.

Mengapa sertifikasi Investment Banking diperlukan?

Investment Banking telah menjadi bidang yang sangat kompetitif dan banyak dicari. Di dunia perbankan sendiri profesi ini telah bergeser, tidak hanya mempekerjakan lulusan baru, melainkan dengan mengharapkan karyawan baru agar sudah mempunyai kualifikasi atau kemampuan dalam pekerjaan yang akan ditangani oleh Investment Banker.

Itulah sebabnya banyak Investment Banker sekarang berinvestasi dalam kursus dan pelatihan khusus untuk membantu mereka diperhatikan, dipekerjakan, dan dipromosikan.

Sertifikasi Investment Banking di TAP Kapital Indonesia

TAP Kapital Indonesia berdiri sebagai penyokong industri jasa keuangan dalam bentuk lembaga pelatihan dan uji kompetensi yang terpercaya dan berintegritas. Di samping itu, TAP Kapital juga sebagai satu-satunya penyelenggara pelatihan Sertifikasi Investment Banking yang mendapatkan lisensi langsung dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Indonesia.

Rangkaian pelatihan yang di laksanakan mengkombinasikan teori dan praktik sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sehingga pelatihan yang di sediakan dapat menjadi persiapan bagi peserta untuk mengikuti Ujian Lisensi OJK ataupun Uji Kompetensi Nasional melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSPPM).

TAP Kapital dalam penyelenggaraan Pelatihan dan Uji Kompetensi Investment Banking saat ini sudah sampai Angkatan ke 13, dimana peserta yang telah mengikuti pelatihan ini merupakan para petinggi perusahaan maupun pegawai perusahaan di berbagai lingkungan BUMN, dan perusahaan swasta lainnya.

Di TAP Kapital Indonesia sendiri, Sertifikasi Profesional dibidang Investment Banking terbagi menjadi 2 (dua) yakni:

  1. Jenjang Investment Banking Utama dengan gelar CIB (Certifed Investment Banking)
  2. Jenjang Investment Banking Madya dengan gelar RIB (Registered Investment Banking)

Dengan memiliki Sertifikasi ini, tentunya akan membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan di perbankan terutama pekerjaan di bidang Investment Banking, dan memposisikan diri anda untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih tinggi.

Menu
error: Content is protected !!
X
Selamat Datang di Tap Kapital Indonesia
Welcome to Tap Kapital Indonesia